KENYATAAN YANG TERJADI SERING KALI TAK SESUAI DENGAN APA YANG MENJADI HARAPAN.

Coordinat Cartesius mudah untuk aplikasi AutoCAD

Setelah memahami toolbar (standard toolbar,drawing toolbar,modify toolbar dan osnap toolbar) yang ada pada layar autocad berikutnya yang harus di pelajari adalah Koordinat Cartesius.
 
Koordinat Cartesius adalah suatu sistem yang di gunakan untuk meletakkan suatu titik dengan,menggunakan dua buah garis yang di sebut sumbu, yaitu garis ( sumbu ) X dan garis (sumbu ) Y. Sumbu X  adalah garis yang mendatar (Horizontal) sedang Sumbu Y adalah garis yang tegak lurus (vertikal). Pertemuan antara sumbu X dengan sumbu Y merupakan titik awal dalam menggambar dengan autocad yaitu ( 0,0)

 
Pada saat belajar menggambar dengan autocad apabila kita belum paham dengan koordinat, maka mustahal kita bisa menggambar dengan sempurna. Sebab di dalam menggambar dengan autocad koordinat-koordinat ini akan menentukan presisinya ukuran pada gambar yang akan kita buat.

 
Pada system koordinat cartesius pengukuran pada sumbu X positif,dimulai dari titik (0,0) ke arah Kanan. Sebaliknya sumbu X negative,di mulai dari titik (0,0) ke arah kiri. Sedangkan sumbu Y(vertikal) positif,di mulai dari titik (0,0) ke arah Atas, sumbu Y negative, di mulai dari titik (0,0) ke arah Bawah. Pengukuran Koordinat Cartesius selalu di mulai dari sumbu X kemudian di ikuti sumbu Y tidak boleh terbalik,contoh ( 5,4 ) 5 adalah X,4 adalah Y.

 
Untuk lebih jelasnya dalam memahami koordinat kartesius lihat gambar  di bawah:




  • Titik T1 mempunyai koordinat atau letak ( 5,4 ) pengukuran di mulai dari titik T5 (0,0) ke kanan (positif) X = 5,ke atas (positif) Y = 4.
  • Titik T2 mempunyai koordinat ( -4,3 ) pengukuran di mulai dari titik T5 (0,0) ke kiri (negative) X=-4 ke atas (positif) Y=3.
  • Titik T3 mempunyai koordinat ( -2,-3 ) Dari T5 (0,0) ke kiri X= -2 ke bawahY= -3.
  • Titik T4 koordinatnya (3,-5) X nya = 3, Y nya = -5.
  • Sedangkan Garis T6 T7 koordinatnya adalah (6,-2) dan (8,-4)
 
Setelah mempelajari dan paham tentang koordinat ini, maka menggambar rumah dan properti lainnya bisa di mulai setahap demi setahap. Contonya di mulai dengan belajar menggambar garis,menggambar pondasi dan lain-lain yang akan kita pelajari pada postingan yang akan datang. Semoga membantu untuk para drafter pemula.

 
Salam…..

No comments:

Post a Comment

Silakan anda berkomentar di kolom komentar.

Post a Comment

Twitter

 
Belajar AutoCAD | Bloggerized by Lasantha Supported by Dion - Premium Blogger Themes