KENYATAAN YANG TERJADI SERING KALI TAK SESUAI DENGAN APA YANG MENJADI HARAPAN.

Fungsi Explode Pada AutoCAD

fungsi explode pada autocad, cara edit gambar autocad pemula,border=
Anda tau fungsi explode pada AutoCAD? Jika sudah tau fungsi explode pada autocad, mendingan nggak usah di terusin bacanya… Lhoh kok?! Lha iya ngapain baca hal yang udah anda ketahui, buang-buang waktu kan?!

Tapi bagi yang belum paham fungsi Explode pada AutoCAD boleh lah nerusin baca… Orang cuma gratis ini… Di sini AutoCAdel akan menerangkan tentang  toolbar khususnya fungsi Explode pada AutoCAD. Barangkali bisa membantu anda untuk lebih mengenal fungsi masing-masing tool yang akan membantu anda untuk proses belajar menggambar Autocad pemula.

Explode yang kalau di lihat gambar ikonnya mirip-mirip petasan,*AutoCADel biasa menyebutnya ‘bom’* Karena memang berfungsi untuk membubarkan obyek gambar yang masih jadi satu kesatuan. Pokok na Fungsi explode pada AutoCAD adalah untuk memisahkan obyek gambar menjadi potongan garis yang berdiri sendiri.

Langsung aja AutoCADel kasih contohnya (soal na kalo ga ada contoh, AutoCaDel juga bingung neranginnya) Maklumlah bukan penulis profesional… Mungkin bagi yang masih belajar autocad pemula kurang afdhol kalo belajar tanpa ada praktek.

Ah ngemeng terus kapan contoh na ni?!  Ojrenk!!!!,Lanjutt….
  1. Pertama anda buka program aplikasi AutoCAd 
  2. KLik Ikon rectangle, Buat sebuah obyek gambar,( persegi gitu aja), ga usah pake ukuran. (‘Kan Cuma contoh, buat praktek menjalankan fungsi explode pada autocad duank toh?!) jadi ya ga usah pake ukuran detail kelamaan. 
  3. Kalo sudah..  ketik perintah pada command : Explode, tekan enter, atau klik ikon yang gambarnya mirip petasan. ( ga ada Gan?! cari dulu sampe ketemu ) kalo ga ketemu plototin tu gambar di atas.
  4. Setelah itu klik obyek gambar yang berupa persegi panjang tadi, sampai berubah menjadi garis putus-putus.
  5. Lalu tekan enter. Apa yang terjadi? ( Hehehe…sepertinya nggak ada perubahan….)
 Sekarang perhatikan baik-baik. Pada saat point nomor 2 anda kerjakan, tekan tuts Esp  keyboard 2 kali, lalu klik salah satu garis pada gambar persegi itu. Terlihat saat anda mengklik satu garis maka garis yang lain juga ikut berubah menjadi putus-putus. (Kalo nggak berhasil ulangi sampe berhasil...)

Bandingkan dengan setelah anda mengerjakan point nomor 5. Jika anda klik satu garis gambar maka yang lain tidak ikut ter…… *apa ya?!* Pokok na gitu lah, Garis na ga  ikut putus-putus.Cuma satu garis aja. ( Haduh gimana neranginnya euy!)

Udah fungsi explode pada AutoCAD ya kayak gitu, Memisahkan obyek gambar yang tadinya 1 kesatuan menjadi garis-garis yang berdiri sendiri sehingga dapat di edit.
Hehe… gitu aja ya, Kalo salah ya mohon di sory, kalo belum paham tulis di comment ya.

Trus jangan lupa belajar edit dengan mirror di sini

Wassalam…. eh nambah, pada ikutan kontes mobil toyota fortuner suv terbaik nggak, pas autocadel nulis ini pada rame tu kontes nya,dah mo berakhir kali sekarang. ngasi tau aja hiks,

2 comments:

  1. Ini pelajaran untuk yang benar- pemula Gan, bisa lebih di intensifkan nggak postingnya. salam kenal saya nyubie

    ReplyDelete
  2. Ini pelajaran yang pas buat nyubi autocad seperti saya Gan, kalo bisa lebih intensif lagi Gan postingnya. salam kenal,

    ReplyDelete

Silakan anda berkomentar di kolom komentar.

Twitter

 
Belajar AutoCAD | Bloggerized by Lasantha Supported by Dion - Premium Blogger Themes